Kamis, 29 Desember 2016

DynDNS

Dynamic DNS  DARI DLINK
Seperti yang telah saya janjikan, sekarang kita akan bahas mengenai Dynamic DNS. Sederhananya Dynamic DNS adalah suatu service yang memungkinkan setiap adanya perubahan IP Public pada perangkat networking kita (umumnya router) maka secara otomatis si router akan memberitahukan ke penyedia jasa Dynamic DNS ini untuk meng-update alamat domain name kita.

Misalnya : pada hari Senin, router kita mempunyai IP Public 125.1.1.1 dan kita daftar DDNS dan misalnya kita gunakan host http://coba.dlinkddns.com, pada saat kita mendaftar, IP 125.1.1.1 akan di-map ke http://coba.dlinkddns.com. Nah pada hari Selasa, kita menghidupkan router dan mendapati IP Public berubah menjadi 125.2.2.2. Pada saat IP berubah maka si router akan "bilang" ke si penyedia DDNS (dalam hal ini dlinkddns.com) bahwa IP-nya sudah berubah, si penyedia DDNS akan segera mengupdate recordnya dan sekarang http://coba.dlinkddns.com tidak menunjuk ke IP 125.1.1.1 lagi tapi ke IP yang baru yaitu 125.2.2.2

D-Link sebagai salah satu penyedia perangkat networking terbesar, bekerja sama dengan salah satu penyedia Dynamic DNS terbesar yaitu DynDNS, membuat layanan khusus Dynamic DNS untuk para pengguna product D-Link, yaitu http://www.dlinkddns.com. Layanan ini bersifat gratis (dan dapat diupgrade ke layanan berbayar). Bedanya dengan layanan DynDNS yang gratis adalah penggunaan dlinkddns lebih simpel.

Disini saya akan membahas bagaimana menggunakan Dynamic DNS pada D-Link Router :

1. Daftar sebuah account di http://www.dlinkddns.com

2. Setelah semuanya selesai, login menggunakan account itu

Description: http://3.bp.blogspot.com/_pEKRs90QcXI/SM5F90tzoRI/AAAAAAAAAFo/kGlYXimoj5k/s320/1.JPG

3. Pilih Add Host

Description: http://1.bp.blogspot.com/_pEKRs90QcXI/SM5GH_tZyHI/AAAAAAAAAFw/LsbrDW0YioE/s320/2.JPG

4. Masukkan hostname yang anda inginkan, pada contoh ini saya menggunakan "dlink-id"

Description: http://3.bp.blogspot.com/_pEKRs90QcXI/SM5GhqeUzeI/AAAAAAAAAF4/gAxSrOPnqJQ/s320/4.JPG

Pada baris "Browser IP Address", itu adalah alamat IP Public actual anda yang terbaca oleh dlinkddns. Anda bisa men-cek-nya apakah sama dengan IP Public pada Router anda :

Description: http://4.bp.blogspot.com/_pEKRs90QcXI/SM5G7uY1orI/AAAAAAAAAGA/42k75sgrXGE/s320/3.JPG

Bila sudah sama, masukkan alamat IP tsb ke "New IP Address", lalu klik "Save"

5. Setelah itu host akan ditambah spt dibawah ini :


Description: http://4.bp.blogspot.com/_pEKRs90QcXI/SM5Ji6BgBlI/AAAAAAAAAGI/72ACdqLRHB4/s320/5.JPG

6. Langkah selanjutnya adalah men-setting D-Link Router, masukkan parameter-parameter kedalam menu DDNS pada D-Link router anda.

Description: http://4.bp.blogspot.com/_pEKRs90QcXI/SM5KFbnKNvI/AAAAAAAAAGQ/NoI4mSA6lgk/s320/6.JPG

Enable DDNS lalu pilih Server Address (pada contoh ini menggunakan dlinkddns.com), masukkan hostname, pada contoh ini : dlink-id.dlinkddns.com, masukkan username dan password account dlinkddns.com anda. Setelah itu "Save Settings",

7. Selanjutnya testing alamat DDNS tsb, disini saya buka remote management pada router yang saya gunakan yaitu DIR-635 pada port 8000. Lalu saya menggunakan
koneksi internet lain (contoh disini saya menggunakan 3G), lalu di URL saya ketik http://dlink-id.dlinkddns.com:8000 maka akan terbuka halaman login router DIR-635 saya.

Description: http://3.bp.blogspot.com/_pEKRs90QcXI/SNDoo81xT8I/AAAAAAAAAGY/2PiQrAX16t8/s320/7.JPG

Dynamic DNS ini sangat berguna bila kita mempunyai koneksi internet dengan Dynamic Public IP.